EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK FREE WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Fadila, Alya Nur, 185030041 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK FREE WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keterampilan menulis cerita pendek peserta didik SMK terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas teknik free writing melalui keterampilan menulis cerita pendek peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, angket respon terhadap pembelajaran, angket peserta didik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menulis cerita pendek. Data pretes dan Posttest teknik free writing terhadap keterampilan menulis cerita pendek dianalisis menggunakan software IBM SPSS statistic version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kemampuan menulis cerita pendek sebelum diterapkan teknik free writing menunjukkan adanya kekurangan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh sebesar 69,33 dan kelas kontrol sebesar 73,17. Analisis kemampuan menulis cerita pendek setelah diterapkan teknik free writing menunjukkan peningkatan hasil yang signifikan. Kelas eksperimen memperoleh nilai 84,33 sedangkan kelas kontrol memperoleh sebesar 78,17. Pembelajaran dengan teknik free writing menunjukkan adanya efektivitas terhadap kemampuan menulis peserta didik karena memperoleh peeningkatan sebesar 6,16. Kata Kunci: Efektivitas, teknik free writing, keterampilan menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:58
Last Modified: 10 Oct 2023 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67039

Actions (login required)

View Item View Item