PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING

Fauziah, Indah Ayu, 195020027 (2023) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada siswa SMK Pasundan 3 Cimahi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MPLB 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pretest dan posttest untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dimana hasil penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki hasil N-Gain sebesar 58,33 dengan peningkatan sebesar 16,69. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning memiliki hasil N-Gain sebesar 41,78 dengan peningkatan sebesar 12,58. Akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada: (i) bagi guru, dapat menggunakan model pebelajaran problem based learning dan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (ii) bagi siswa, agar dapat lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran, (iii) bagi sekolah, lebih mengupayakan fasilitas sekolah agar siswa lebih nyaman dalam proses pembelajaran, (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dalam perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning. Kata Kunci: problem based learning, discovery learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:32
Last Modified: 09 Oct 2023 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67017

Actions (login required)

View Item View Item