Fauziah, Indah Ayu, 195020027 (2023) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning pada siswa SMK Pasundan 3 Cimahi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MPLB 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pretest dan posttest untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dimana hasil penerapan model pembelajaran problem based learning memiliki hasil N-Gain sebesar 58,33 dengan peningkatan sebesar 16,69. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning memiliki hasil N-Gain sebesar 41,78 dengan peningkatan sebesar 12,58. Akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada: (i) bagi guru, dapat menggunakan model pebelajaran problem based learning dan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (ii) bagi siswa, agar dapat lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran, (iii) bagi sekolah, lebih mengupayakan fasilitas sekolah agar siswa lebih nyaman dalam proses pembelajaran, (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dalam perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning. Kata Kunci: problem based learning, discovery learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 08:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67017 |
Actions (login required)
View Item |