PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 164 KARANGPAWULANG

SAFARYAH,TRIDA, 195060065 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 164 KARANGPAWULANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 164 Karangpawulang. Adapun tujuan dari penelitian ini adakah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment, dan desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 164 Karangpawulang sebanyak enam kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas V B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional dan kelas V D sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model kooperatif tipe NHT. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, uji N-Gain, dan uji effect size dengan menggunakan aplikasi Software IBM Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan pengaruh hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu memiliki pengaruh sebesar 0,44. Kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 60,81 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol sebesar 48,30. Berdasarkan uji independent sample t-test 0.000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dari siswa yang menggunakan model konvensional di kelas V SDN 164 Karangpawulang Kota Bandung. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe NHT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 06:14
Last Modified: 07 Oct 2023 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66932

Actions (login required)

View Item View Item