Prastiyo, Nova (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIPANDUK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATN SIPIL KABUPATEN KUNINGAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
4. Kata Pengantar.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Administrasi kependudukan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting,oleh karena itu masyarakat wajib untuk menuntut pelayanan prima kepada pemerintah guna memperoleh kemudahan dalam administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan meluncurkan sebuah terobosan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SIPANDUK untuk meningkatkan dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan,sehingga terciptanya keunggulan,efesiensi dan efektifitas dalam pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan secara terperinci terkait dengan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi sipanduk menggunakan metode jenis kualitatif pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tolak ukur guna mengetahui sejauh mana inovasi pelayanan publik melalui aplikasi patrakomala peneliti mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Rogers dalam Hutagulung (2018) dengan dimensi: Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SIPANDUK sudah cukup berjalan dengan baik namun belum maksimal. Hambatan dari inovasi tersebut mengenai sebagian warga yang belum siap untuk melakukan pelayanan secara online karena terkesan cukup rumit kemudian hambatan selanjutnya terkait server yang sering kali mengalami down diakibatkan jaringan yang tidak stabil karena letak georgrafis Kabupaten Kuningan lembah berbukit sehingga dampaknya mempengaruhi pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil,hambatan selanjutnya kurangnya sosialisasi melalui media sosial sehingga masyarakat tidak tahu keuntungan dan kelebiham menggunakan aplikasi SIPANDUK, selanjutnya aplikasi SIPANDUK belum tersedia nya versi IOS sehingga masyarakat yang menggunakan Smartphone iphone belum bisa menginstall dan menikmati pelayanan melalui aplikasi SIPANDUK Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Aplikasi SIPANDUK
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 02:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 02:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66913 |
Actions (login required)
View Item |