Aulia, Resna (2023) INOVASI PELAYANAN PUBLIK SPRINKLER WARGA DI DINAS KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari adanya permasalahan mengenai kebutuhan dan tuntutan dari masyarakat mengenai pelayanan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dalam penanganan kebakaran di area pemukiman padat penduduk yang aksesnya sulit dijangkau oleh kendaraan pemadam, kurangnya sistem proteksi kebakaran dilingkungan masyarakat sehingga menyebabkan sulitnya penanganan yang menimbulkan pada resiko kerugian yang besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Dinamik Sistem dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi, pendefinisian sistem, pembuatan causal loop diagram, dan pembuatan model skenario. Dengan menggunakan teori kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml (1990), tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa inovasi Sprinkler Warga diciptakan dengan tujuan sebagai sistem proteksi kebakaran di lingkungan yang berguna untuk menangani kebakaran pada pemukiman padat penduduk yang aksesnya sulit dijangkau oleh kendaraan pemadam serta sekaligus memanfaatkan potensi air di lingkungan. Berdasarkan teori Zeithaml (1990) bahwa kualitas pelayanan publik dalam implementasi inovasi Sprinkler Warga masih belum optimal karena masih terdapat masalah atau kendala yang menghambat proses implementasi inovasi alat ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, saran yang dapat diberikan adalah diperlukannya penelitian lebih lanjut mengenai perkembangan inovasi ini untuk mengetahui kebermanfaatannya pada praktek nyata penanganan kebakaran di pemukiman padat penduduk. Kata kunci: inovasi pelayanan publik, kualitas pelayanan, Sprinkler Warga
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:39 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66851 |
Actions (login required)
View Item |