Ramdhani, Fadhil (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SMA PASUNDAN 1 BANDUNG DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Abstrak.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran SMA Pasundan 1 Bandung Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. SMA Pasundan 1 Bandung merupakan sekolah tingkat menengah atas swasta yang berada di Kota Bandung. SMA Pasundan 1 Bandung berada dibawah kepemimpinan Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan. Strategi Komunikasi Pemasaran pada suatu usaha jasa pendidikan merupakan salah satu bentuk dalam memajukan suatu lembaga pendidikan dan bagaimana jasa pendidikan yang ditawarkan tersebut dapat berbeda atau lebih unggul dari pada para persaing lainnya terutama untuk mendapatkan calon peserta didik baru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh SMA Pasundan 1 Bandung dalam penerimaan peserta didik baru, dan media apa saja yang digunakan oleh SMA Pasundan 1 Bandung dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran-nya. Selain itu juga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan SMA Pasundan 1 Bandung dalam penerimaan peserta didik baru apakah sudah efektif atau belum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2008), yang didalam-nya terdapat advertising (periklanan), personal selling (penjualan personal), sales marketing (promosi penjualan), public relations (hubungan masyarakat), dan direct marketing (pemasaran langsung). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi pemasaran SMA Pasundan 1 Bandung dalam penerimaan peserta didik baru sudah cukup efektif tetapi harus lebih ditingkatkan lagi supaya strategi komunikasi pemasaran SMA Pasundan 1 Bandung bisa lebih efektif lagi dan dapat dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di sekitar SMA Pasundan 1 Bandung atau Kota Bandung tetapi berbagai daerah di Indonesia khusus-nya di Jawa Barat. Selain itu juga SMA Pasundan 1 Bandung dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran menggunakan 2 (dua) jenis media yaitu secara langsung (dengan mendatangi SMP-SMP atau berinteraksi secara langsung dengan orang tua atau calon peserta didik baru) dan tidak langsung (melalui media sosial, radio, koran, tabloid). Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, SMA Pasundan 1 Bandung, Dalam Peneriman Peserta Didik Baru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 02:48 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66833 |
Actions (login required)
View Item |