AULIYAWATI, PHILLI (2023) DIPLOMASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA MELALUI FILM-FILM ANIME STUDIO GHIBLI SEBAGAI UPAYA NATION BRANDING ASPEK KEBUDAYAAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
REFERENSI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Anime merupakan sebuah fenomena budaya populer yang berasal dari Jepang dan telah menyebar ke seluruh dunia. anime memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Jepang dan juga dalam hubungan diplomatik Jepang dengan negara lain. Anime memiliki potensi besar dalam mempengaruhi persepsi dan pandangan dunia terhadap Jepang dan budayanya. Studio Ghibli merupakan salah satu studio animasi Jepang yang sangat terkenal di dunia dan Indonesia. Penyebaran budaya Jepang melalui Film-film Studio Ghibli tidak hanya menghadirkan cerita yang menarik, tetapi juga memperkenalkan elemen budaya Jepang. Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang peran anime Studio Ghibli sebagai instrumen diplomasi budaya Jepang di Indonesia. Dalam hal ini, Studio Ghibli dan karya-karyanya menjadi pusat perhatian dalam menjelaskan bagaimana film-filmnya berperan dalam diplomasi budaya Jepang di Indonesia dan bagaimana hal ini berkontribusi terhadap citra Jepang di mata masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menurut Sugiyono metode penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menggambarkan, menjelaskan, menerangkan dan menjawab permasalahan yang diteliti secara lebih rinci dengan menelaah sebanyak-banyaknya tentang suatu individu, kelompok atau peristiwa. Jepang berupaya melakukan diplomasi budaya melalui film film anime studio Ghibli. Pembentukan persepsi tentang Jepang melalui Film-film Studio Ghibli dalam konteks diplomasi budaya dapat memengaruhi pandangan masyarakat Indonesia tentang Jepang. Kehadiran film-film Studio Ghibli di Indonesia telah memicu peningkatan pertukaran budaya antara kedua negara. Selain film-film tersebut, acara-acara seperti festival film Jepang, pameran seni, dan event-event bertema Studio Ghibli juga dilakukan untuk memperdalam pemahaman tentang budaya Jepang. Kata Kunci : Diplomasi Budaya, Nation Branding, Anime, Studio Ghibli
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 08:14 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 08:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66795 |
Actions (login required)
View Item |