Emir, Fauzan Fachri (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bosscha Space Kafe & Resto Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan disebabkan oleh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bosscha Space Kafe & Resto Bandung. Permasalahan ini disebabkan kurangnya pelaksanaan kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy yang mengakibatkan pelanggan merasa tidak sesuai dengan harapan, tidak ingin berkunjung kembali, dan tidak bersedia merekomendasikan Bosscha Space. Hal ini membuat perkembangan pelanggan yang berkunjung di Bosscha Space mengalami fluktuatif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, korelasi rank spearman, analisis koefisien determasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Diperoleh nilai korelasi atau nilai hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat dan searah. Sehingga dapat dinyatakan bahwa apabila performa kualitas pelayanan meningkat, maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Sebaliknya, jika performa kualitas pelayanan menurun, maka kepuasan pelanggan juga akan menurun. Saran untuk Bosscha Space agar lebih memperhatikan kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Memperhatikan dan mengembangkan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang kebutuhannya terpenuhi maka pelanggan akan merasa sesuai dengan harapan, berkunjung kembali, dan merekomendasikan Bosscha Space. Kata Kunci: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:14 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66488 |
Actions (login required)
View Item |