PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK TELKOM KOTA BANDUNG

Fauzi, Muhamad Adli (2023) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK TELKOM KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam dunia Pendidikan berfungsi sebagai pengalihan ilmu pengetahuan yang dapat mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak dan keterampilan bagi siswa, maka dari itu seni dalam berkomunikasi anatar guru dan siswa sangat diperlukan sehingga motivasi siswa dapat terbentuk dengan baik maka dari itu peneliti tertarik untuk melihat apakah komunikasi interpersonal yang ada di SMK Telkom Bandung mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui komunikasi interpersonal, hambatan dan usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak di SMK Telkom Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan datanya yakni wawancara, observasi dan penyebaran angket sedangkan subyek dalam penelitian ini yakni siswa X multimedia SMK Telkom Bandung dan juga Wali Kelas X Multimedia dengan jumlah 30 dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik metode Quota Sampel. Dalam penelitian yang sudah dilakukan peneliti, dapat diketahui bahwa komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa X Multimedia SMK Telkom Kota Bandung sudah cukup baik. Hambatan selanjutnya ada pada sifat keras kepala dan mudah emosi, beberapa siswa memiliki masalah terutama pada sifatnya, ada beberapa siswa yang memang memiliki sifat keras kepala. Dan Dari hasil observasi dapat dijelaskan bahwa terdapat hubungan yang mendukung antara siswa dan guru mempunyai dampak positif terhadap keterlibatan kelas, partisipasi, dan prestasi siswa. Simpulan dari penelitian ini yakni komunikasi interpersonal antara guru dan siswa di SMK Telkom Bandung sudah cukup baik karena guru mempunyai metode untuk lebih dekat dengan siswa dan juga mengikuti dan faham yang dibutuhkan siswa meskipun seringkali adanya hambatan yakni pengelolaan emosi juga kekurangan ataupun kelebihan siswa itu sendiri. Meskipun begitu guru berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung agar mencapai tujuan yang sama. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Motivasi, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:26
Last Modified: 02 Oct 2023 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66363

Actions (login required)

View Item View Item