Gantira, Wildan Muliya (2023) STRATEGI DIGITAL PUBLIC RELATIONS HUMAS JABAR MELAUI APLIKASI INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Diskominfo Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
bab 1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak tiga bahasa.pdf Download (14kB) | Preview |
|
Text
daftar isi, tabel, gambar.docx Download (33kB) |
||
|
Text
bab 2.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Diskominfo Jawa Barat merupakan instansi yang bertugas untuk mengelola dan menyediakan berbagai jenis informasi kepada masyarakat Jawa Barat. Diskominfo Jawa Barat memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk memberikan informasi, edukasi dan entertaiment bagi seluruh masyarakat Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi digital public relations yang dilakukan melalui media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan suatu keadaan sosial. Penelitian ini berpedoman pada model Perencanaan Komunikasi oleh Cutlip dan Center yang membagi perencanaan menjadi empat tahapan, yaitu penemuan fakta, perencanaan, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi. Adapun hasil dari penemuan fakta riset dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan isi konten maupun pemilihan media untuk melaksanakan digital public relations. Hasil dari perencanaan yang dibuat berisi fitur Instagram yang akan digunakan, jenis dan isi konten yang akan ditampilkan, serta desain konten. Kemudian hasil dari pelaksanaan komunikasi menampilkan konten foto dan video dengan menggunaan bahasa yang efektif serta melakukan evaluasi konten seminggu hingga sebulan sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi digital public relations yang dilakukan oleh Diskominfo melalui akun instagram @humas_jabar sudah sesuai dengan Model Perencanaan Komunikasi yang dicetuskan oleh Cutlip dan Center. Berdasarkan strategi yang telah dilaksanakan, mereka berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Kata kunci : Digital Public Relations, Instagram, Konten
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 03:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 03:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66339 |
Actions (login required)
View Item |