MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DALAM MENGGUNAKAN FITUR CLOSE FRIEND

Putri, Tasya Azharani (2023) MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DALAM MENGGUNAKAN FITUR CLOSE FRIEND. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Second Account Instagram dalam Menggunakan Fitur Close Friend”. Penggunaan second account Instagram di kalangan mahasiswa merupakan fenomena yang unik untuk diteliti terutama pada era teknologi informasi yang ada seperti saat ini. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen privasi komunikasi yang dilakukan pengguna second account Instagram ketika menggunakan fitur close friend menurut lima asumsi dari teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Communication Privacy Management yaitu informasi privat, batasan privat, kontrol dan kepemilikan, sistem manajemen berdasarkan aturan, dan dialektika manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif studi fenomenologi dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengann wawancara mendalam terhadap 8 orang informan serta diperkuat dengan studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa nformasi privat ini menekankan penilaian individu tentang berbagi informasi pribadi berdasarkan batasan privasi mereka. Batasan privat pada hasil penelitian ini didapatkan perbedaan antara informasi publik dan pribadi dan menekankan peran batasan pribadi dan kolektif dalam manajemen privasi. Kontrol dan kepemilikan pada hasil penelitian ini menyatakan bahwa individu menganggap diri mereka sebagai pemilik informasi pribadi mereka. Sistem manajemen berdasarkan aturan pada penelitian ini mengungkapkan motivasi dan perilaku dalam mengelola informasi dan privasi di platform media sosial. Hasil ini menyebutkan praktik penyaringan informasi pribadi untuk menentukan apa yang akan dibagikan di platform media sosial. Dialektika manajemen pada hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya mengelola informasi dan privasi secara efektif di platform media sosial, sejalan dengan tren untuk tidak membagikan dan memfilter data pribadi secara berlebihan. Informan menekankan perlunya individu untuk memilih dan mengkategorikan konten dengan hati-hati, memastikannya dibagikan dengan tepat berdasarkan prinsip-prinsip teori Communication Privacy Management (CPM). Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan kesadaran mereka akan masalah privasi dan praktik menyaring informasi pribadi sebelum membagikannya di platform media sosial. Kata Kunci : Manajemen Privasi Komunikasi, Second Account Instagram, Close Friend

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:19
Last Modified: 30 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66230

Actions (login required)

View Item View Item