ZAHRATUNNISA, ADIYA SHALIHAH KANUUL (2023) PERAN GREENPEACE DALAM PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK PRODUK PERUSAHAAN FAST MOVING CONSUMER GOODS (FMCG) DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Isu lingkungan merupakan suatu isu transnasional yang diakui urgensinya dalam studi Hubungan Internasional. Ekonomi yang berkembang pesat dan ketergantungan hidup terhadap lingkungan memicu permasalahan lingkungan secara global, salah satunya isu pencemaran plastik di Indonesia yang disebabkan oleh perusahaan-perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang tidak bertanggung.jawab dalam kegiatan produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya Greenpeace sebagai suatu organisasi internasional non pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan terhadap sebelas perusahaan FMCG, pemerintah, dan masyarakat dalam mengurangi sampah plastik produk FMCG di Indonesia pada tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan konsep global governance untuk melihat aspek-aspek yang dilakukan oleh Greenpeace dalam upaya menjalankan peran organisasi internasional non pemerintah, dan didukung oleh teori green politics dengan pandangan anthroposentrisme untuk melihat isu yang terjadi. Metode penelitian menggunakan.desain penelitian kualitatif studi kasus, teknik studi kepustakaan dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Greenpeace aktif dan konsisten menjalankan peran sebagai sarana informasi dan pengawasan terhadap sebelas perusahaan multinasional yaitu The Coca-Cola Company, Unilever, Nestle, Danone, Colgate- Palmolive, J&J, Kraft Heinz, Mars, Mondelez, PepsiCo, P&G, lalu kepada pemerintah, dan masyarakat. Hal tersebut dijalankan melalui upaya riset dan audit merek tentang sampah plastik setiap tahun, melakukan kampanye lingkungan #PantangPlastik, dan mengikuti gerakan global #BreakFreeFromPlastic. Hal tersebut menjadikan adanya perubahan tindakan dari pemerintah, masyarakat, dan khususnya perusahaan FMCG. Dengan demikian, Greenpeace dapat dikatakan berhasil dalam menjalankan peran dari pengurangan sampah plastik produk FMCG di Indonesia. Kata Kunci: Sampah Plastik di Indonesia, Greenpeace, Fast Moving Consum
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66143 |
Actions (login required)
View Item |