EKSPANSI HYUNDAI MOTORS COMPANY TERHADAP PERKEMBANGAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA

ROHIMAH, NADIA SITI (2023) EKSPANSI HYUNDAI MOTORS COMPANY TERHADAP PERKEMBANGAN MOBIL LISTRIK DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_Nadia Siti Rohimah_192030208.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia dalam merespon ekspansi yang dilakukan oleh Hyundai Motors Company tidak serta merta menjadikan Indonesia mampu menggunakan mobil listrik di Indonesia secara merata. Namun Indonesia mampu memanfaatkan perkembangan mobil listrik ini dengan menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor baterai mobil listrik ke kawasan Asia tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana ekspansi yang dilakukan Hyundai Motors Company di Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam mengenai fakta yang menunjukan bahwa Hyundai Motors Company melakukan ekspansi di Indonesia. Pada hasil penelitian ini terdapat negosiasi yang dilakukan Hyundai dan Indonesia sebelum melakukan ekspansi mobil listrik, lalu tahapan yang dilakukan Hyundai dalam melaksanakan ekspansi mobil listrik, lalu, dampak yang dirasakan oleh Hyundai Motors Company dan Indonesia dari ekspansi yang dilakukan Hyundai di Indonesia, serta kebijakan yang dikeluarkan Indonesia untuk melancarkan investasi yang dilakukan oleh Hyundai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Dimension of economic sebagai alat analisa sejauh mana interaksi state dan firms melihat melalui 3 dimensi : Structural Change, State firms and diplomacy, serta firms firms diplomacy, selain melihat dari kaca mata Dimension of Economic Diplomacy penelitian ini menggunakan teori Foreign Direct Investment sebagai alat analisa bagaimana respon negara terhadap investasi. Lalu teori Global Value Chains yang digunakan sebagai alat analisa bahwa ekspansi yang dilakukan tidak hanya memenuhi kebutuhan mobil listrik nasional, akan tetapi Indonesia mampu menjadi hub ekspor baterai mobil listrik dunia karena memiliki bargain kebijakan dan resort. Kata Kunci: Hyundai Motors Company, Indonesia, Ekspansi, Kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:05
Last Modified: 29 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66125

Actions (login required)

View Item View Item