Arisna, Alfiani Nindita (2023) RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PERIZINAN BANGUNAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
BAB I ALFIANI N.A.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
JUDUL.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ALFIANI N.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Responsivitas pelayanan publik berperan sangat penting, salah satu perhatian pelayanan publik yang akhir-akhir ini banyak disoroti yaitu mengenai layanan perizinan bangunan dalam pemenuhan kebutuhan perumahan atau bangunan yang memiliki legalitas hukum yang di laksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tanggap aparatur dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam perizinan bangunan, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dalam pelayanannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang mana teknik pengumpulan datanya penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dari beberapa informan dan sumber lainnya mengenai responsivitas pelayanan publik dalam perizinan bangunan. Teori yang digunakan dalam yaitu Teori Responsivitas menurut Zeithaml yang dikutip oleh Hardiansyah yang terdiri dari 6 indikator yaitu Kemampuan merespon, Kecepatan melayani, Ketepatan melayani, Kecermatan melayani, Ketepatan waktu pelayanan, Kemampuan menanggapi keluhan. Hasil dari penelitian ini, responsivitas pelayanan publik dalam perizinan bangunan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Cianjur diukur dari indikator responsivitas menurut Zeithaml menunjukan bahwa pelayanannya sudah responsif dan optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi ada satu faktor penghambat yaitu pada website- nya, yang dimana hal ini bukan pertanggung jawaban dari dinas tapi dari pemerintah pusat. Kata Kunci : Responsivitas, Pelayanan Publik, Perizinan Bangunan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65279 |
Actions (login required)
View Item |