FUJI GIANA DWI UTAMI, 105060291 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN IPA MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
judul.docx Download (53kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
Bab 1 .docx Download (24kB) |
|
Text
Bab II .docx Download (31kB) |
|
Text
Bab III Metode Penelitian.docx Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
BAB IV .docx Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI SDN Gamblang Kabupaten Bandung. Dengan ditemukannya suatu masalah pada kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA yang hanya dilakukan dengan metode ceramah dan tanpa menggunakan media pembelajaran, yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Maka peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada desain PTK menurut John Hoppkins. Adapun inidikator keberhasilan yang ditentukan pada penelitian ini sebesar 85% dengan nilai kriteria ketuntasan minimumnya adalah 75. Penelitian ini dilaksanakan hanya dua siklus dikarenakan pada siklus kedua hasil belajar siswa sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siklus I, hasil rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan 3,0 dengan kriteria baik, pada pelaksanaan perencanaan pembelajaran mendapatkan 3,1 dengan kriteria baik, aktivitas siswa mendapatkan 2,9 dengan kategori cukup, hasil belajar siswa hanya mendapatkan 60% dengan kategori kurang , dan hasil belajar siswa kelompok mendapatkan 70%. Mungkin pada siklus I sudah ada beberapa kategori yang mendapatkan hasil baik, namun tetap pada tujuan yang meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I ini hasil belajar siswa masih dibawah indikator keberhasilan. Sedangkan pada siklus II mendapatkan hasil yang sangat meningkat pada hasil belajar siswa yang mendapat presentase 90% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Hasil rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan 3,6 dengan kriteria sangat baik, pelaksanaan perencanaan pembelajaran mendapatkan 3,7 kriteria sangat baik dan hasil belajar kelompok siswa mendapatkan presentase 100%. Dengan hasil yang memuaskan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan, maka tidak perlu dilaksanakan lagi pada siklus berikutnya. Dengan demikian penerapan model discovery pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri khusus makhluk hidup. Kata Kunci : hasil belajar, discovery learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 13:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 13:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6521 |
Actions (login required)
View Item |