ANALISIS TEKSTUALITAS PADA CERAMAH KEAGAMAAN USTADZ ADI HIDAYAT SEBAGAI ALTERNATIF LKPD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

AZIZA, DINDA AULIA, 195030026 (2023) ANALISIS TEKSTUALITAS PADA CERAMAH KEAGAMAAN USTADZ ADI HIDAYAT SEBAGAI ALTERNATIF LKPD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari unsur tekstualitas yang terdapat di dalam ceramah keagamaan Ustadz Adi Hidayat dalam kegiatan [Tabligh Akbar] Tentang Iman, Islam, dan Ihsan. Hasil analisis ini di manfaatkan sebagai alternatif LKPD berbasis Digital bagi peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana hasil dari penelitian ini berupa kalimat secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu video ceramah keagamaan Ustadz Adi Hidayat pada kegiatan [Tabligh Akbar] Tentang Iman, Islam, dan Ihsan serta beberapa sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan teknik menyimak dan mencatat. Secara umum, hasil analisis tekstualitas ini mengandung 83 kalimat koherensi, 46 kalimat kohesi, 36 kalimat maksud pengirim, 28 kalimat keberterimaan, 36 kalimat memberikan informasi, 11 kalimat situasi pengujaran dan 14 kalimat intertekstualitas. Setiap unsur tekstualitas memiliki tujuannya masing-masing. Selanjutnya, hasil analisis ini disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar. Selain itu, hasil analisis ini juga disesuaikan dengan kriteria Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dinilai berdasarkan aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek isi. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan perangkat pembelajaran dalam bentuk LKPD Digital yang bisa digunakan oleh peserta didik Kelas XI SMA dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Teks Ceramah. Penulis juga menyarankan agar pendidik dapat memberikan materi yang lebih mendalam mengenai unsur tekstualitas yang jika dilihat dari materi ceramahnya termasuk ke dalam kebahasaan dalam ceramah. Kata kunci: Analisis, tekstualitas, ceramah, LKPD Digital

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:43
Last Modified: 20 Sep 2023 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65145

Actions (login required)

View Item View Item