AZAHRA, AIRA SALMA, 195030029 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu penyebab hal tersebut yaitu kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang sesuai oleh para pendidik. Selain itu, akibat dari kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang sesuai yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model Discovery Learning pada pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji keefektifan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilainilai kehidupan dalam teks cerita pendek dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian berdasarkan uji Wilcoxon nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek antara kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Adapun hasil dari uji Mann-Whitney nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, model Discovery Learning efektif digunakan pada pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. Kemudian hasil perhitungan ratarata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning yaitu 3,7 dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 3,4. Artinya, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Model Discovery Learning, teks cerita pendek, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65131 |
Actions (login required)
View Item |