SARI, FITRIANA INDAH, 195030052 (2023) PENERAPAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 NAGREG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik untuk menulis teks persuasi menjadi latar belakang untuk penelitian ini. Kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang inovatif oleh para pendidik menjadi salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Telah diketahui bahwa memasukkan model ke dalam proses pembelajaran membantu meningkatkan motivasi dan minat peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model picture word inductive dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran tanya jawab serta menguji efektivitas model picture word inductive dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas VIII SMPN 1 Nagreg. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model picture word inductive dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanya jawab. Adapun hasil dari uji mann whitney adalah Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya model picture word inductive efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Kata kunci: Model picture word inductive, menulis, teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65108 |
Actions (login required)
View Item |