ULANDARI, FRI SISCA, 195030001 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PEMANFAATAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang efektif dan inovatif oleh pendidik. Dari banyaknya model pembelajaran, model investigasi kelompok bisa dijadikan alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks biograf. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini untuk mengetahui keterampilan peserta didik dalam menulis teks biografi dengan penerapan model investigasi kelompok. adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah terkumpul dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap siswa kelas X SMKN 3 Bandung, diantaranya kelas X AKL I sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL II sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates ekspesrimen sebesar 75.69 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 85.22 sedangkan hasil rata-rata prates kontrol sebesar 57.03 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi 70.06 dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya mengalami peningkatan rata-rata pada hasil nilai siswa. Berdasarkan hasil output uji mann whithney di atas, diketahui bahwa pada hasil pascates kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai uji mann whitney sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model investigasi kelompok ini mampu membantu peserta didik dalam menulis teks biografi. Kata kunci: Menulis, Teks Biografi, Investigai Kelompok
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65103 |
Actions (login required)
View Item |