PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas V SDN 191 Babakan Surabaya Kota Bandung )

Nurqodariyah, Ghina Utamy, 195060091 (2023) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas V SDN 191 Babakan Surabaya Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pengumpulan dan penyajian data. Kemampuan pemahaman konsep matematis belum tercapai sesuai dengan harapan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan perbedaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 0,915 dengan interpretasi dalam kategori besar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:38
Last Modified: 14 Sep 2023 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65083

Actions (login required)

View Item View Item