ABHISTA, CHYNTIA, 195060069 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di SDIT ASSAIDIYYAH ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kela I SDIT Assaidiyyah Bandung yaitu kelas IB sebagai kelas kontrol dan kelas IC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah tes dan observasi. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis dengan uji non parametric dengan bantuan aplikasi SPSS 26, dan didapati hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 dan dilakukan juga uji Gain Ternormalisasi dengan peningkatan 78% yang berkategori tinggi, serta uji effect size yang mendapatkan hasil sebesar 1,79 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media kartu huruf lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Tipe Picture and picture, membaca permulaan, kartu huruf
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 07:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65046 |
Actions (login required)
View Item |