SARI, NOVITA, 195020013 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA SMA PGII 2 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMA PGII 2 Bandung. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data adalah teknik tes tertulis pretest, posttest serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Terdapat peningkatan pada kelas eksperimen dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 37,14 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,00. (ii) Terdapat peningkatan pada kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 36,64 dan nilai rata-rata posttest sebesar 72,89. (iii) Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. (iv) Hasil pengujian effect size sebesar 0,619 atau 61,9% yang merupakan kategori sedang artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen. Sebagai akhir penelitian, saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolah adalah diharapkan dapat memberikan pengarahan dan dukungan kepada guru di sekolah untuk dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Bagi guru diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament ini dapat digunakan dan dikembangkan kembali. Bagi siswa, diharapkan agar lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah, kelas, atau pada mata pelajaran yang berbeda. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:30 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65034 |
Actions (login required)
View Item |