ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA VIDEO IKLAN PINJAMAN ONLINE DI YOUTUBE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SMK

WELLIANSYAH, ROMADONIYATI RUHHAIDAH, 195030015 (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA VIDEO IKLAN PINJAMAN ONLINE DI YOUTUBE SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK).pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Memahami maksud tuturan dari sebuah iklan merupakan salah satu hal yang penting agar tidak mudah tertipu. Adapun langkah untuk dapat memahami maksud iklan tersebut adalah dengan menganalisis tindak tutur ilokusi yang diadopsi dari teori Searle dalam Tarigan (2015). Saat ini, sebagian besar kasus-kasus penipuan pinjaman online korbannya adalah remaja, khususnya pelajar dan mahasiswa. Oleh sebab itu, dilakukanlah penelitian tindak tutur ilokusi pada video iklan di YouTube. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tindak tutur ilokusi dalam iklan pinjaman online di YouTube dan mendeskripsikan relevansi hasil kajian tindak tutur ilokusi pada iklan pinjaman online di YouTube sebagai alternatif bahan ajar kelas XII SMK. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dianalisis berupa tuturan dalam video iklan pinjaman online. Sumber data pada penelitian ini merupakan dua puluh video iklan pinjaman online dari merek AdaKami, AkuLaku, dan kredivo di YouTube. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengunjungi situs atau aplikasi YouTube, menyimak video, memilih sampel, mengunduh, dan membuat transkrip tuturan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan pinjaman online di YouTube terdapat 199 data yang mengandung tuturan ilokusi. Dari tuturan tersebut ditemukan ilokusi asertif sebanyak 101, ilokusi ekspresif sebanyak 45, ilokusi direktif sebanyak 41, ilokusi komisif sebanyak 12. Sedangkan ilokusi deklaratif tidak ditemukan. Adapun video yang dianalisis terbukti dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi iklan di kelas XII SMK. Kata kunci: Pragmatik, Tindak Tutur Ilokusi, Iklan, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:35
Last Modified: 06 Sep 2023 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64978

Actions (login required)

View Item View Item