MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBENTUK KETERAMPILAN MENGUBAH SYAIR LAGU MENJADI CERITA DENGAN KREASI

RISKA FAUZILAH, 105060174 (2016) MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBENTUK KETERAMPILAN MENGUBAH SYAIR LAGU MENJADI CERITA DENGAN KREASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Judul Cover.docx

Download (115kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Abstrak sampai Daftar Lampiran.docx

Download (291kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Riska Fauzilah. NPM. 105060174. “Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Membentuk Keterampilan Mengubah Syair Lagu Menjadi Cerita Dengan Kreasi Kelas II SD Negeri Cidadap II Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan UNPAS Bandung. Pembimbing I Dr.Hj. Tati Heriati., M.Pd., dan Pembimbing II Dr. H. Azis Lukman Praja, M.Si. Guru belum memahami secara menyeluruh mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 dan hanya berpedoman pada buku atau bahan ajar dari Pemerintah. Pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa mudah bosan dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Model Discovery Learning Untuk dapat membentuk keterampilan mengubah syair lagu menjadi cerita kelas II di SD Negeri Cidadap II Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh mkelalui instrument pengetahuan, tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru. Untuk analisis hasil observasi menggunakan deskripsi kualitatif, sedangkan analisis tesnya adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan siswa kelas II yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelum dan setelah mendapatkan tindakan terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam setiap siklus, yaitu pada tahap pra siklus dengan presentase ketuntasan 69%. Siklus I ketuntasan klasikal mencapai 76%. Siklus II 89%. Pada siklus II sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam mengaplikasikan Model Discovery Learning ini, guru berperan sebagai pembimbing baik secara individu maupun kelompok. Selain itu, guru diharapkan berfikir kreatif dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pendidik yaitu memberikan cara yang menarik bagi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga membuat peserta didik lebih aktif dalam belajara dan tidak menimbulkan efek bosan dan jenuh bagi peserta didik. Kata Kunci: Model Discovery Learning, membentuk keterampilan siswa, pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jul 2016 13:27
Last Modified: 27 Jul 2016 13:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6494

Actions (login required)

View Item View Item