MARLIANI, NINA (2023) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 5 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS .pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA .pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang telah terjadi yakni rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi. Hal ini juga akan memengaruhi kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi. Teks eksplanasi berisikan terjadinya suatu peristiwa atau fenomena alam, sosial, dan ilmu budaya. Hal tersebut selalu ada dalam benak peserta didik padahal teks eksplanasi untuk memberikan suatu proses terjadinya fenomena-fenomena alam dan sosial yang berguna bagi peserta didik dalam kehidupan. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi. Penelitian ini juga menguji penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan metode nature learning. Penulis juga menguji keefektifan metode nature learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Cimahi tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian, menulis dapat menyimpulkan: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan metode nature learning. 2) Peserta didik kelas XI SMAN 5 Cimahi mampu memproduksi teks eksplanasi. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata pretest sebesar 46,35 dan posttest sebesar 87,92, dengan nilai selisih kenaikan sebesar 41,57. 3) Metode nature learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Hal ini didukung dari perhitungan statistic dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa metode nature learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi di kelas XI SMA Negeri 5 Cimahi dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi. Kata kunci: Pembelajaran, memproduksi, dan metode nature learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64937 |
Actions (login required)
View Item |