Mudya, Salsabila Putri, 195060057 (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurang terjalin komunikasi antara guru dan peserta didik. Hal tersebut terlihat ketika di dalam kelas, peserta didik kurang aktif serta kurang berpikir kritis saat kegiatan belajar mengajar sehingga saat diberikan tugas hasil belajar peserta didik masih kurang maksimal. Jadi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik peneliti menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas 5 sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta jenis pendekatan ini adalah penelitian kuasi eksperimen ( quasi eksperiment ). Sumber data yang digunakan yakni hasil pretest dan posttest dari kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan non tes. Hasil penelitian menggunakan uji validitas menunjukkan untuk Pretest kelas eksperimen skor tertinggi mencapai 60 dan skor terendah mencapai 10 dengan rata-rata 37,50 sedangkan posttest tertinggi mencapai skor 90 dan skor terendahnya mencapai 45 dengan rata-rata 76,04 pada kelas eksperimen. Untuk Pretest kelas kontrol skor tertinggi mencapai 60 dan skor terendah mencapai 15 dengan rata-rata 31,04 sedangkan posttest tertinggi mencapai skor 100 dan skor terendahnya mencapai 45 dengan rata-rata 72,29 pada kelas kontrol. Jadi bisa disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 121 Caringin Holis Kota Bandung. Kata kunci : Student Team Achievement Division ( STAD ), kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64932 |
Actions (login required)
View Item |