SITI MARIAM, 105060273 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENGALAMAN SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA SISWA KELAS IV SDN HALIMUN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COPER 2.docx Download (46kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Moto.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAC.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (13kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Halimun Bandung kelas IV pada sub tema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan menulis cerita pengalaman dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Pendekatan penelitian ini yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ialah suatu bentuk penelitian dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih berkualitas sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sistem siklus dengan jumlah siklus yang digunakan ialah 2 siklus dalam tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan menggunakan tes evaluasi, lembar wawancara guru sebelum dan sesudah penelitian, lembar wawancara guru sebelum dan sesudah penelitian, lembar observasi guru dan siswa, rubrik respon siswa dan rubrik hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model problem based learning (PBL). Dalam proses pembelajaran pada sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mencapai peningkatan dari pra siklus 33,33% siklus I 66,66% dan siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 83,33% selain itu hasil hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar sebelum tindakan yaitu dengan persentase tingkat ketuntasan kelas 20%. Setelah penggunaan pendekatan dengan model problem based learning (PBL) siklus I nilai rata-rata menjadi 63 dengan tingkat persentase ketuntasan kelas 68%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78 dengan ketuntasan 98%. Sehingga pembelajaran model problem based learning (PBL). Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), rasa percya diri, keterampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 14:25 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 14:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6486 |
Actions (login required)
View Item |