SOLEHAH, ANISYAH SITI (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE (Survei Pada Warga RT.07 RW.09 Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Pada saat ini perkembangan digital sangat pesat salah satunya dalam bidang marketplace.Dengan adanya fenomena tersebut masyarakat mulai beralih membeli kebutuhan secara online. Namun, dengan melakukan belanja secara online ini ada dampak negatif yang dirasakan konsumen yaitu, timbul rasa kekecawaan konsumen dalam melakukakan pembelian secara online, salah satu faktor yang mendukung hal tersebut yaitu, barang yang dipesan tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Dengan adanya permasahan tersebut marketplace menyediakan fitur Review dan Rating yang berisikan opini dan penilai yang diberikan oleh konsumen terdahulu.. Pada penelitian ini akan mencari pengaruh online customer review dan online customer rating secara parsial dan simultan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kemudian sampel yang digunakan sebanyak 80 reponden dengan teknik sampling yang digunakan non probility sampling, metode analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Adapun prosedur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa online customer review (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan yaitu rendah dengan nilai R 2 sebesar 0,300. Selanjutnya online customer rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan yaitu rendah dengan nilai R 2 sebesar 0,357. Dan apabila dilihat secara simultan online customer review (X1) dan online customer rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan besar pengaruh yang diberikan sedaang dengan nilai R2 sebesar 0,428. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa online customer review (X1) dan online customer rating (X2) memberikan pengaruh bagi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian, dikarenakan konsumen menganggap online customer review dan online customer rating sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan informasi mengenai produk. Kata Kunci : Online Customer Reiew, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:39 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64805 |
Actions (login required)
View Item |