Syahbilah, Deliya, 195020081 (2023) PENGARUH SELF MANAGEMENT TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK (Survei pada Peserta Didik Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di SMA Kartika XIX 1 Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (i) bagaimana self management peserta didik kelas X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung (ii) bagaimana efikasi diri peserta didik kelas X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung (iii) seberapa besar pengaruh self management terhadap efikasi diri peserta didik kelas X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dengan sampel yang berjumlah 104 peserta didik X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : (i) jawaban responden sebesar sebesar 3,847, hal ini menunjukkan self management pada peserta didik X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung bernilai baik. (ii) jawaban responden sebesar 3,788 hal ini menujukkan efikasi diri pada peserta didik X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung bernilai baik. (iii) hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh self management terhadap efikasi diri peserta didik X IPS SMA Kartika XIX 1 Bandung dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai thitung 9,793> ttabel 1,659 , dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien determinasi (R Square) ada sebesar 48,5% dapat dikatakan bahwa bahwa variable dependen yaitu efikasi diri dapat dijelaskan sebesar 48,5% oleh variable independen yaitu self Management, sedangkan 51,5% efikasi diri dijelaskan oleh variable-variabel diluar penelitian ini. Saran dari penulis sebagai berikut (i) bagi sekolah, pihak sekolah diharapkan untuk mempertahankan dan terus meningkatkan efikasi diri pada peserta didik. (ii) bagi kepala sekolah diharapkan memberikan pengarahan kepada guru agar lebih rinci dalam memantau perkembangan peserta didik dari segi karakteristiknya. (iii) bagi guru diharapkan dapat memberikan pengarahan mengenai self management kepada peserta didik untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik dalam mencapai tujuan belajarnya. (iv) bagi peserta didik diharapkan terus mampu mempertahankan dan terus meningkatkan kemampuan efikasi dirinya guna mencapai tujuan belajar yang diinginkan. (v) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya agar dapat mengadakan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan variabel independent yang berbeda terhadap efikasi diri peserta didik. Kata Kunci : Self Management, Efikasi Diri
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 01:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 01:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64728 |
Actions (login required)
View Item |