MUZHAQI, ACHMAD MAULANA, 195050027 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12, BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan oleh siswa untuk memahami dan membantu menyelesaikan suatu permasalahan dalam matematika. Namun kemampuan berpikir kritis matematis ternyata masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat dipengaruhi oleh sikap self-efficacy. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan dalam melatih kemampuan berpikir kritis matematis tersebut adalah melalui model Creative Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui apakah self-efficacy siswa pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS); (4) Mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design, subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGII 2 Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat temuan-temuan sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS); (4) Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy siswa Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-efficacy, Model Creative Problem Solving (CPS)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:58 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64709 |
Actions (login required)
View Item |