SAEPULOH, MUHAMMAD ASEP, 195050044 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Muhammad Asep S_195050044-Jurnal skripsi.pdf Download (614kB) | Preview |
Abstract
Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan serta erat kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk mencapai kesuksesan dalam pelajaran matematika, siswa perlu memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning yang baik. Namun, kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematiks dan Self-Regulated Learning masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan pembaruan dalam penggunaan model dan media pembelajaran di sekolah guna meningkatkan efektivitas dan optimalitas kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) SelfRegulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes berupa angket Self-Regulated Learning. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) SelfRegulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning , Model Problem-Based, Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 02:48 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64649 |
Actions (login required)
View Item |