MUSLIMAH, ANANDA KARINA, 195050011 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KAHOOT UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel_Ananda Karina Muslimah_195050011.pdf Download (522kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL) berbantuan kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui Self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui korelasi positif antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kahoot; (4) Mengetahui model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kahoot efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design, sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas. Diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kahoot dan VIII A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis dan angket Self-Regulated Learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 29.0 for Windows 11. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Problem-based learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-regulated learning siswa yang memperoleh model Problem-based learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-based Learning (PBL) berbantuan Kahoot; (4) Pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis efektivitasnya tergolong tinggi sedangkan self-regulated learning siswa efektivitasnya tergolong sedang. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Kahoot, kemampuan komunikasi matematis, self-regulated learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64640 |
Actions (login required)
View Item |