GUNAWAN, SITI SYAHRIFA AMANY, 195010031 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP Kartika X-1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berpengaruh kedalam meningkatkan karakter mandiri peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan variabel dependen penelitian ini yaitu karakter mandiri peserta didik. Peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel tidak memberi peluang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan jenisnya yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu di kelas VIII A sebagai kelas Ekperimen, VIII B sebagai kelas kontrol. Peneliti melakukan 3 teknik pengumpulan data untuk hasil penelitiannya dengan menggunakan angket dengan data pelengkap pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share terhadap Karakter Mandiri berdasarkan data di dalam penelitian ini. Lalu, teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi terstruktur yang dikembangkan oleh peneliti dengan deskripsi yang objektif dan sistematis yang bertujuan untuk memperkuat data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data selanjutnya, wawancara tidak terstruktur yang bertujuan sebagai penunjang dalam penelitian ini agar penelitian ini dapat lebih konkrit. Dalam penelitian diambil data analisis diantaranya adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian ini memiliki respon yang posistif. Berdasarkan hasil uji hipotesis tabel diatas dengan hasil 0,002 < 0,05 dan pada data ini t hitung nya yaitu 3.414 dan t tabel nya rtabel 0,3550. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel (X) yaitu Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu Karakter Mandiri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di atas dapat diambil kesimpulan bahwasannya model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share berpengaruh dalam meningkatkan karakter mandiri peserta didik. Kata Kunci : Karakter mandiri, Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 06:41 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64453 |
Actions (login required)
View Item |