Meidi, Herdila (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP CIVIC SKILLS PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen di kelas X SMKN 1 Jayakerta Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BA V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan warga negara dalam memecahkan masalah kehidupan maka memerlukan perubahan dengan model pembelajaran maka perlu adanya metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan Civic Skills peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dan istrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan uji tes dan kuesioner yang diberikan kepada peserta didik. (1) kondisi awal Civic Skills peserta didik berdasarkan homogen berdasarkan pengujian hipotesis melalui uji-t memperoleh nilai Rhitung Rhitung 0,53 > 0,05 Dijadikan tolak ukur peneliti agar memperoleh hasil peningkatan Civic Skills peserta didik. (2) Peningkatan Civic Skills peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan peserta didik yang memperoleh motode konvensional memperoleh perbedaaan yang signifikan, berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh sig.(2tailed) sebesar 0,000<0,5 Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based learning (X) memiliki pengaruh terhadap Civic Skills Peserta didik (Y). berdasarkan kriteria pengujian tersebut dapat terlihat bahwa Civic Skills peserta didik yang memeperoleh model pembelajaaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada peserta didik yang memperoleh model konvensional. Selanjutnya perolehan rata-rata skor again pada kelas eksperimen 0,39 Yang dikategorikan cukup efektif sedangkan kelas kontrol memperoleh 0,20 yang dikategorikan kurang efektif. Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, Civic Skills, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 06:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64451 |
Actions (login required)
View Item |