Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis)

Abdurohim, Dindin (2023) Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis). 291 . Refika Aditama, Bandung. ISBN 978-623-6232-01-9

[img]
Preview
Text
REPOSITORY PENGEMBANGAN UMKM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam perspektif dunia, diakui bahwa UMKM memainkan suatu peranan penting yang sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak saja di negara sedang berkembang, tetapi di negara maju, UMKM sangat penting tidak saja karena kelompok usaha mendominasi unit usahanya, menyerap paling banyak tenaga kerja di bandingkan usaha besar (UB), juga memberikan kontribusi terhadap pembentukan atau pertumbuhan PDB, Ekspor, Devisa, menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, Dengan demikian, UMKM mempunyai peran strategis dalam perekonomian Indonesia. Tetapi disis lain. UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai permasalah – permasalahan, seperti : pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaian, Bahan baku, Teknologi, SDM, Kewirausahaan, Manajemen, Birokrasi, Infrastruktur, dan Kemitraan, serta UMKM dituntut memiliki daya saing, dengan mengikuti perubahan dan tuntutan pasar, peningkatan kapasitas baik SDM, kelembagaan. Dalam kondisi seperti itu, UMKM tidak akan mampu meningkatakan kapasitas dan daya saingnya tanpa keterlibatan semua pihak, yang utama dan pertama adalah pemerintah melalui Kebijakan yang mendukung bagi pengembangan UMKM, membutuhkan strategi dalam mengembangkanya, membutuhakan penerapan Digital Marketing serta Model bisnis yang sesuai bagi kebutuhan UMKM agar dapat berkembangan dan tercapainya daya saing UKM baik Nasional maupun dalam pasar Global.

Item Type: Book
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 29 Jul 2023 02:07
Last Modified: 29 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64428

Actions (login required)

View Item View Item