Lohy, Putri Annisa Meilani (2023) INTERAKSI SIMBOLIK GURU PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB ROUDHOTUL ZANNAH. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “INTERAKSI SIMBOLIK GURU PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB ROUDHOTUL ZANNAH”. Dalam kehidupan manusia komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Begitu pula dengan guru serta anak penyandang tunarungu, hal tersebut menjadi suatu hambatan dalam berkomunikasi karena akibat dari gangguan pendengaran yang dialami oleh siswa tunarungu. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi simbolik yang dilakukan oleh guru pada siswa tunarungu yang dianalisis menggunakan teori Interaksi Simbolik dari Herbert Blumer yang memiliki lima konsep yaitu, untuk mengetahui konsep diri, konsep perbuatan, konsep objek, konsep interaksi sosial, dan konsep tindakan bersama. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yaitu observasi, dan wawancara mendalam. Terdapat delapan orang sebagai informan, diantaranya dua informan inti, lima informan pendukung, dan satu informan akademisi. Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin guru pada siswa terbentuk dari konsep diri yang dibuat oleh individu yang bertindak sesuai makna dirinya. Perbuatan yang dilakukan guru pada siswa sesuai kuasa yang dimiliki tanpa adanya intervensi dari orang lain. Guru sudah memahami objek. Interaksi sosial yang dilakukan guru pada siswa dengan membuat serta menggunakan simbol yang memiliki makna. Tindakan bersama yang dilakukan guru pada siswa adalah proses pembelajaran berupa akademik dan non akademik. Hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai penunjang dalam komunikasi ialah dengan membiasakan siswa tunarungu untuk berkomunikasi agar perbendaharaan kata mereka selalu bertambah dan didukung oleh lingkungannya. Kata kunci: Interaksi Simbolik, Komunikasi Interpersonal, Guru pada Siswa Tunarungu, Anak Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64255 |
Actions (login required)
View Item |