TEJANINGSIH, TETE (2023) PENGARUH SISTEM OPERASI JASA DAN SISTEM PENYAMPAIAN JASA TERHADAP KUALITAS JASA DAN CITRA INSTITUSI SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Survei pada Disdukcapil di Priangan Timur) THE EFFECT OF SERVICE OPERATION SYSTEMS AND SERVICE DELIVERY SYSTEMS ON SERVICE QUALITY AND INSTITUTIONAL IMAGE AND THEIR IMPLICATIONS FOR PUBLIC TRUST (Survey at Disdukcapil in East Priangan Regions). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel Jurnal.docx Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami, menganalisis, dan mengkaji serta mengukur pengaruh dari sistem operasi jasa, sistem penyampaian jasa, kualitas jasa dan citra institusi serta implikasinya pada kepercayaan masyarakat pada Disdukcapil di Priangan Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan KTP-el pada Disdukcapil di Priangan Timur yaitu di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran serta Kota Tasikmalaya dan Banjar. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster sampling. Kerangka sampel dalam penelitian ini di dasarkan pada data kepemilikan KTP-el pada Disdukcapil di Priangan Timur. Ukuran sampel minimum 5 observasi untuk setiap parameter yang akan ditaksir (5 observasi X 88 parameter) sebanyak 440 responden (Hair et.al dalam Hermayanto 2019:167). Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, observasi dan kepustakaan. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis verifikatif menggunakan pendekatan Covariance Based Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa, kondisi kualitas jasa dan citra institusi serta kondisi kepercayaan masyarakat pada Disdukcapil di Priangan Timur berada pada kriteria cukup baik menuju baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa terhadap kualitas jasa dengan total pengaruh sebesar 74,51 persen, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa terhadap citra institusi dengan total pengaruh sebesar 69,94 persen serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas jasa dan citra institusi terhadap kepercayaan masyarakat dengan total pengaruh sebesar 82,66 persen. Kata Kunci: sistem operasi jasa, sistem penyampaian jasa, kualitas jasa, citra institusi, kepercayaan masyarakat. Ieu panalungtikan miboga tujuan pikeun mikaweruh, nganalisis sarta nalungtik sareng ngukur pangaruh tina sistem operasi jasa, sistem nepikeun jasa, kualitas jasa sarta citra institusi jeung implikasina ka kapercayaan balarea ka Disdukcapil di wewengkon Priangan Timur. Métode panalungtikan nu dipake nyaeta métode survey. Populasi dina ieu panalungtikan nyaeta balarea nu maké jasa layanan KTP-el di Disdukcapil wewengkon Priangan Timur nu hususna aya di Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran sarta Kota Banjar. Tehnik nu dianggo nyaeta ngagunakeun data kapamilikan proporsional cluster sampling. Rangkay sampel dina ieu panalungtikan dumasar ka data kapamilikan KTP-el di Disdukcapil wewengkon Priangan Timur. Ukuran sampel nyaeta lima observasi pikeun tiap paraméter nu bakal ditaksir (5 responden x 88 paraméter) lobana 440 réspondén. Tehnik ngumpulkeun datana nyaeta ku cara kuisionér, wawancara, observasi, sarta kapustakaan. Dina ngolah datana nganggo analisis déskriptif sarta analisis verifikatif. Analisis verifikatif ngagunakeun pamarekan Covariance Based Structural Equation Model (SEM). Hasil panalungtikan nunjukkeun yén kondisi sistem operasi jasa, sistem nepikeun jasa, kondisi kualitas jasa, sarta citra institusi sareng implikasina ka kapercayaan balarea di Disdukcapil wewengkon Priangan Timur aya dina kriteria sae. Ayana pangaruh nu positif jeung signifikan dina sistem operasi jasa ka kualitas jasa lobana 74,51 persén, ayana pangaruh nu positif jeung signifikan dina sistem operasi jasa sareng sistem nepikeun jasa ka citra insitusi nu lobana 69,94 persén sarta ayana pangaruh positif jeung signifikan ti kualitas jasa jeung institusi ka kapercayaan balarea nu lobana 86,66 persén. Kecap konci: sistem operasi jasa, sistem nepikeun jasa, citra institusi, kapercayaan balarea.
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2023 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:05 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64224 |
Actions (login required)
View Item |