LAILA, HADIJA UMMU (2023) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA SHALIA SALON DAN SPA MUSLIMAH KOTA KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Tabel.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
Abstract
Shalia Salon dan Spa Muslimah merupakan Salon wanita dengan konsep Islami. Shalia mengedepankan nilai-nilai bisnis syariah dalam berbisnis tidak menerima pelanggan maupun pegawai laki-laki, tidak melakukan praktik perawatan yang dilarang dalam Islam. Tujuan dari usaha ini adalah untuk menyediakan tempat yang nyaman bagi wanita Muslim. Etika bisnis salah satu faktor yang mendukung keberhasilan suatu bisnis untuk mencapai tujuannya. Etika bisnis Islam adalah bisnis yang didasarkan pada nilai-nilai etika Islam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran umum usaha Shalia. Menganalisis penerapan etika bisnis Islam yang termuat dalam konsep etika bisnis Islam. Serta mengetahui faktor-faktor yang menentukan penerapan etika bisnis Islam pada Shalia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh Shalia sudah menerapkan nila-nilai etika bisnis islam namun belum sepenuhnya. Nilai-nilai etika Islam yang sudah diterapkan diantaranya adalah Konsep hemat yaitu menginvestasikan sebagian keuntungannya juga menyisihkan sebagian hartanya untuk zakat, infaq dan sedekah, keadilan terhadap semua karyawan maupun konsumen dan kerja keras. Sementara itu masalah yang terdapat pada usaha ini yaitu pada konsep ihsan shalia belum memberikan pelayanan yang prima terhadap konsumen, konsep itqan tidak teliti terhadap produk. Saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu pemilik usaha sebaiknya membuat standar operasi yang baku untuk mengkoordinir karyawan, meminimalisir kesalahan dan memberikan training serta mengingatkan karyawan bahwasanya berbisnis bukan hanya mencari keuntungan semata tetapi juga mencari ridha Allah SWT. Sebaiknya pemilik usaha lebih teliti memperhatikan kualitas dan halalnya produk agar konsumen merasa percaya dan aman saat melakukan perawatan di salon. Kata kunci: Etika bisnis islam, Konsep Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 02:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63983 |
Actions (login required)
View Item |