RIVALDO, ROBBY, 185050069 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi secara matematis sangatlah penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa adalah model pembelajaran Learning Start with a Question. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Learning Start with a Question lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Learning Start with a Question lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan selfefficacy siswa yang memperoleh model Learning Start with a Question. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Indonesia Raya. Sampel penelitian ini tidak dipilih secara acak, sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas dua aspek instrumen, yaitu instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang dibuat dalam bentuk uraian dan instrumen berupa angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data melalui software IBM SPSS Sttaistics 24. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Start with a Question lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Start with a Question lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 3) Terdapat korelasi yang rendah antara kemampuan komunikasi matematis dan selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Start with a Question. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Learning Start with a Question, SelfEfficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 May 2023 02:31 |
Last Modified: | 20 May 2023 02:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63793 |
Actions (login required)
View Item |