VIOLYTA, ANANDA (2023) ANALISIS PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
3. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (758kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penilaian hasil kegiatan belajar peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dan salah satu aspek penilaian yang diteliti adalah ranah psikomotorik. Psikomotorik merupakan kepribadian yang terdapat pada diri seseorang, yang ada pada perangai seseorang atau tingkah laku seseorang. Penilaian psikomotorik siswa dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan, tertutama pada mata pelajaran biologi yang mana penilaian psikomotorik ini sangat diperlukan untuk melihat keterampilan siswa dalam pembelajaran biologi salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan tes laboratorium. Namun melihat kenyataan selama ini yang terjadi, pada umumnya penilaian yang dilakukan oleh pendidik lebih menekankan pada penilaian ranah kognitif. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena pendidik kurang memahami penilaian ranah afektif dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis cara penilaian psikomotorik hasil pembelajaran berdasarkan hasil dari menggunakan metode SLNA (Bibliometrix Tools). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui studi literatur. Melalui studi pustaka ini, dapat memudahkan dalam meringkas, menganalisis, mengevaluasi dan mensintesis sebuah dokumen. Hasil dari penelitian ini berupa grafik bibliography mengenai jurnal yang banyak mempublikasikan, author yang banyak mempublikasikan, tahun dipublikasikan serta hubungan jejaring tema jurnal bereputasi pada kajian tentang penilaian psikomotorik pada pembelajaran biologi. Selain itu didapatkan juga hasil berupa analisis tabel artikel tentang penilaian psikomotorik pada pembelajaran biologi. Kata Kunci : Penilaian Psikomotorik, Proses Pembelajaran Biologi, Bibliometrix, Metode SLNA
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 06:53 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62846 |
Actions (login required)
View Item |