ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB “OVERLOAD” RUJUKAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI KLINIK NAYAKA HUSADA 01 CIREBON

DEWI, AMANDASARI CATUR YULISTIANI NPM. 218020093 (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB “OVERLOAD” RUJUKAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI KLINIK NAYAKA HUSADA 01 CIREBON. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
DEWI AMANDASARI CATUR YULISTIANI_MM.docx

Download (376kB)

Abstract

Yulistiani, Dewi Amandasari. 2023. Pelayanan kesehatan di Indonesia dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari pelayanan kesehatan dasar oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP). Tujuannya agar setiap warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang sama. Namun, sistem pelayanan ini menimbulkan permasalahan, terutama bagi Klinik Nayaka Husada 01 dengan tingginya rasio rujukan rawat jalan (di atas 15%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab overload rujukan rawat jalan pada pasien BPJS Kesehatan di Klinik Nayaka Husada 01 Cirebon. Untuk mengetahui penyebab kasus overload tersebut maka dilakukan pengumpulan data dengan cara mewawancari 2 orang dokter, 2 orang bagian farmasi, 1 orang pegawai tata usaha, 2 orang perawat, dan 4 orang pasien. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak ditemukan kendala penyebab pada proses administratif proses pelaksanaan program rujukan rawat jalan, namun ditemukan kendala pada prosedur klinis. Penilaian pasien atas kualitas pelayanan yang terdapat di Klinik Nayaka Husada 01 Cirebon yang diberikan oleh dokter sudah baik pada aspek pemenuhan janji dan tidak berbelit; penampilan karyawan yang profesional, ruang tunggu yang nyaman dan luas; pelayanan yang cepat; ruang parkir yang luas, namun masih terdapat kekurangan pada beberapa aspek seperti dokter yang masih terlalu mengandalkan peralatan medis untuk melakukan diagnosis, kualitas obat yang kurang memuaskan, obat yang tidak selalu tersedia; tidak adanya TV untuk pengumuman nomor antrian, kursi yang kurang nyaman, tidak adanya fasilitas minuman gratis pada pasien, bangunan yang terkesan terlalu tua dan plang jalan yang kurang besar. Kata Kunci: overload, kualitas pelayanan kesehatan, dan prosedur rujukan rawat jalan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Mar 2023 07:00
Last Modified: 18 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62682

Actions (login required)

View Item View Item