Prasetyo, Wisnu Aji, 185060088 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan fix.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract Inggris.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Budaya literasi di Indonesia menjadi masalah yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah, belum membudaya, serta belum mendarah daging dikalangan masyarakat. Ditengah melesatnya budaya terkenal, buku tidak pernah lagi sebagai prioritas utama. Bahkan masyarakat lebih praktis menyerap budaya berbicara dan mendengar, dari pada membaca lalu menuangkannya pada bentuk tulisan. Metode penelitian adalah sebuah pengajaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbanganpertimbangan logis, untuk dapat memperoleh inter relasi yang sistematis dari faktafakta sebagai suatu usaha mendapatkan penjelasan, penemuan, dan kebenaran atas permasalahan. Dengan metode penelitian, pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam rangka mencari pengetahuan atas suatu kebenaran akan mudah dijawab. Berdasarkan hasil yang sudah peneliti analisis pada data terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa menggunakan uji N-gain Score pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa dalam hasil uji N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,34654 atau 75,5% sedangkan pada kelas kontrol nilai rataratanya yaitu -6,5109.Adapun nilai maksimal pada kelas eksperimen yaitu 100,00 sedangkan kelas kontrol nilai maksimal yang didapat 31,25. Terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa. Yang terlihat dari hasil perhitungan menggunakan uji descriptive yang dapat dillihat nilai rata-rata pretest dengan kelas eksperimen sebesar 41,25 dan nilai pada posttest kelas eksperimen sebesar 86,00 sedangkan untuk pre test kelas kontrol sebesar 63,00 dan untuk nilai posttest di kelas kontrol sebesar 64,00. Kata kunci: Problem Based Learning, literasi dan numerasi siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:31 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 02:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62050 |
Actions (login required)
View Item |