PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN PURWA MEKAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas III di SDN Purwa Mekar Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2022/2023)

FARID,MIFTAH, 185060040 (2023) PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN PURWA MEKAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas III di SDN Purwa Mekar Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kegiatan belajar yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran biasa, berakibat pada kurangnya antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar yang didapatkan, salah satunya rendahnya hasil belajar matematika. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode bernyanyi sebagai upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi sebagai upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang mengadaptasikan syairsyair lagu dengan materi yang akan diajarkan pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas 3 di SDN Purwa Mekar dengan jumlah sebanyak 25 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan wawancara. Tes dilakukan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I dan II. Pada hasil tes siklus I siswa yang tuntas serta mencapai KKM hanya 52% siswa. Sedangkan pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 84%. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode bernyanyi mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di SDN Purwa Mekar. Kata kunci :, Hasil Belajar ,Matematika, Metode Bernyanyi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:17
Last Modified: 30 Jan 2023 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62036

Actions (login required)

View Item View Item