ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN ...

Nurul Fitri, NPM. 208060014 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN ... Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Nurul Fitri_MPM - Copy.docx

Download (75kB)

Abstract

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah PISA Konten Change And Relationship Melalui Proses Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan siswa dalam menghadapi soal pemecahan masalah PISA konten change and relationship melalui penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa SMP ‘Aisyiyah Boarding School Bandung. Penelitian ini menggunakan metode concurrent embedded dengan penelitian kualitatif sebagai metode primer yang mengacu pada tahapan Didactical Design Research (DDR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga indikator kemampuan pemecahan masalah yang belum dikuasai oleh siswa yaitu menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah (sejenis dan masalah baru) dalam atau di luar matematika, merumuskan masalah matematik atau menyusun model matematika oleh instructrur learner dan frustration learner, dan menggunakan matematika secara bermakna oleh kelompok frustration learner, (2) penggunaan PBL dalam penelitian belum optimal karena belum tuntasnya materi prasyarat, memiliki minat belajar matematika yang rendah ketika mendapat permasalahan yang sulit serta tingkat kecepatan berpikir kelompok frustration learner juga cenderung lebih lambat sehingga siswa kesulitan menganalisis soal pemecahan PISA konten change and relationship. Kata kunci: problem based learning, Didactical Design Research (DDR), soal PISA konten change and relationship

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:47
Last Modified: 22 Dec 2022 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61943

Actions (login required)

View Item View Item