PENGARUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 BANDUNG (Studi Kasus pada Kelas XII Program Keahlian Karawitan Tahun Ajaran 2019/2020)

ARQILAH, SOFIE NOOR, 155020109 (2022) PENGARUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 BANDUNG (Studi Kasus pada Kelas XII Program Keahlian Karawitan Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. KAVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
13 . DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Negeri 10 Bandung bisa berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa XII Program Keahlian Karawitan tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey populasi siswa di klas XII Program Keahlian Karawitan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 114 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0. for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sebesar 2,87 dengan persentase (58%) dan minat berwirausaha mencapai 2,92 dengan persentase (59%) . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan “cukup”, minat berwirausaha “cukup”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar sebesar 0,860. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 79,7% terhadap variabel Y dan sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (1) Bagi siswa, diharapkan bisa meningkatkan potensi dalam mendalami kejuruan yang diambil; (2) Bagi guru, diharapkan untuk terus gencar dalam mengedukasi siswa agar memiliki jiwa entrepreneurship dan bisa membantu mengembangkan potensi dan perkembangan keuangan di Indonesia (3) Bagi sekolah, tterus mencari inovasi cara meningkatkan dan menciptakan peserta didiknya paham dan mepraktekan potensinya masing-masing dalam kehidupan di sekolah maupun msa yang akan datang (4) Bagi peneliti selanjutnya, dapat membandingkan pemahaman mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terkait minat berwirausaha siswa dan siswi untuk dijadikan referensi teori dan hasil untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam menghasilkan penelitian lainnya. Kata Kunci : Produk Kreatif dan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:33
Last Modified: 28 Nov 2022 08:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61756

Actions (login required)

View Item View Item