ADINATA, HATTA FALKA, 185010043 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Survey di SMAN 4 Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini terdiri dari tiga bagian, yaitu pertama mengetahui Respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap hasil belajar peserta didik. Kedua, Mengetahui peran guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terakhir, mengetahui efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahaan peneliti yaitu lemahnya kesadaran peserta didik dalam menumbuhkan hasil belajar pada pembelajaran tatap muka terbatas khususnya pada mata pelajaran PPKn dimana merupakan salah satu pelajaran yang penting karena dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, terdapat muatan pengamalan nilai-nilai Pancasila guna menjadi warga negara yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil Penelitian ini meliputi: (1) Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap PTMT mencapai 91%,dapat dikatakan bahwa respon peserta didik terhadap adanya PTMT sangat baik. Hal ini sejalan dengan hasil wawancara, dari dua narasumber semuanya mengetahui tentang PTMT dan bagaimana sistem penerapannya. (2) Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, terdapat tiga peran guru yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: Guru perperan sebagai sumber belajar, Guru berperan sebagai demonstrator, dan Guru berperan sebagai pelaksana evaluasi atau evaluator. Hal ini didukung dengena perolehan hasil angket pada pertanyaan ke Sembilan belas yang berbunyi “guru berperan penting dalam meningkatkan nilai saya selama PTMT” yang memperoleh presentasi sebesar 89%. (3) Berdasarkan hasil angket pada indikator evaluasi yang memperoleh nilai mencapai 90%, dapat dikatakan bahwa PTMT efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Pengaruh,Respon, PTMT, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 08:23 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 08:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61215 |
Actions (login required)
View Item |