DEVITASARI, WIDYA, 185010046 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA PENGUATAN NILAI - NILAI ANTI KORUPSI PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Eksperimen di SMA Negeri 27 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan PPKn di sekolah dapat berperan dalam memberantas korupsi secara tidak langsung melalui penyatuan materi pembelajaran di kelas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam upaya menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada mata pelajaran PPKn. Problem Based Learning dan variabel dependen adalah Penguatan nilai-nilai anti korupsi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol, data analisis yang digunakan adalah melalui pretest dan posttest serta kuesioner. Data analisis yang telah digunakan menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata antara posttest kelas eksperimen adalah 85,17. Dan nilai t yang dihitung dalam postest kelas eksperimen adalah 3.455 kelas dengan tingkat signifikan <0,005 kemudian Ho dinyatakan ditolak dan Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap proses menanamkan nilai-nilai anti korupsi pada mata pelajaran PPKn dalam materi HAM lalu pada tabel 4.13 diketahui bahwa dari pernyataan “ Model pembelajaran yang digunakan membuat saya paham nilai – nilai anti korupsi dan bgaimana penerapanya dalam kehidupan sehari – hari” hasil reponden yaitu (SS) 15%, (S) 18%, (KS) 16% DAN (TS) 11%, maka disimpulkan bahwa dari penelitian test dan angket ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran mengenai pemahaman mengenai konsep materi Penguatan nilai – nilai anti korupsi pada mata pelajaran PPKn, sehingga mampu turut membentuk karakter peserta didik yang mempunyai jiwa anti korupsi dalam dirinya. Kata kunci: Model Pembelajaran, Nilai-nilai anti korupsi, dan Pendidikan dan Kewarganegaraan Pancasila.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 06:44 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 06:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61051 |
Actions (login required)
View Item |