ISLAMI, MIA NUR, 185030056 (2022) PENERAPAN METODE QUANTUM WRITING DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_removed.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks biografi yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak tepat sehingga penulis memberikan salah satu alternatif dengan menerapkan metode quantum writing pada pembelajaran menulis teks biografi. Rumusan masalah yang telah dibuat penulis adalah: kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode quantum writing, keefektifan metode quantum writing dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X SMA Pasundan 7, perbedaan kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi dengan menggunakan metode quantum writing dengan menggunakan metode diskusi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi menggunakan metode quantum writing, menguji keefektifan metode quantum writing dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X SMA Pasundan 7, menguji perbedaan kemampuan peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 dalam menulis teks biografi dengan menggunakan metode quantum writing dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 20 orang. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 berada pada kategori baik sekali. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretest sebesar 22,8 dan rata-rata postestnya sebesar 68,4. Metode quantum writing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi. Selain itu, metode quantum writing signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistika dengan uji-t yang menunjukkan thitung 126 > ttabel 2,093. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh metode quantum writing dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X. Kata Kunci : Menulis, Teks biografi, Quantum writing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 06:24 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 06:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60942 |
Actions (login required)
View Item |