PERSEPSI MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN PADA AKUN INSTAGRAM FOLKATIVE SEBAGAI MEDIA INFORMASI

Ahmad Suhaemi, 182050490 (2022) PERSEPSI MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN PADA AKUN INSTAGRAM FOLKATIVE SEBAGAI MEDIA INFORMASI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
(4) Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) Lembar Persetujuan.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) Kata Pengantar.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) Surat Pernyataan.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) Cover Skripsi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(12) Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERSEPSI MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS PASUNDAN PADA AKUN INSTAGRAM FOLKATIVE SEBAGAI MEDIA INFORMASI”. Tujuan dan kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sensasi, atensi dan interpretasi pengguna media sosial Instagram pada akun Instagram Folkative sebagai media informasi. Penelitian ini menggunakan teori persesi dari Sereno, Bodaken, Pearson dan Nelson yang membahas tentang persepsi dalam komunikasi dengan tiga tahap pembahasan yaitu sensasi, atensi dan interpretasi. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti memperoleh data melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi pustaka. Sehingga dapat diperoleh data dalam bentuk deskripsi kalimat dan pendapat dari para informan yang dapat melengkapi data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, Sensasi yang dirasakan oleh mahasiswa FISIP Universitas Pasundan terhadap akun Instagram Folkative sebagai media informasi adalah mahasiswa FISIP Universitas Pasundan sangat terbantu untuk mendapatkan informasi yang mudah dimengerti karena dikemas secara singkat, ringan dan jelas. Lalu mahasiswa FISIP Universitas Pasundan yang menganggap Folkative ini memiliki keunikan tersendiri karena folkative tampil cukup beda dengan akun lainnya. Atensi yang didapatkan mahasiswa FISIP Universitas Pasundan adalah mahasiswa FISIP Universitas Pasundan menilai dengan cara penyampaian informasi yang dikemas dengan simple sangatlah memudahkan untuk menkonsumsi berbagai informasi yang disajikan oleh Folkative. Interpretasi mahasiswa FISIP Universitas Pasundan pada akun Instagram Folkative sebagai media informasi yaitu melakukan aktifitas lebih seperti like, save, komen bahkan sampai ada yang membagikan pada akun pribadinya. Selain itu melakukan pengecekan pada informasi yang menarik untuk adanya validasi dan kredibilitas dari informasi yang di sampaikan. Kata Kunci: persepsi, media sosial, media informasi, instagram, folkative

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:23
Last Modified: 03 Nov 2022 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60682

Actions (login required)

View Item View Item