ANDINI, DWI, 185060133 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SDN 259 GRIYA BUMI ANTAPANI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover dwi andini.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
Text
14. Daftar pustaka.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuan pengaruh penggunaan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pretestposttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas V-A dan V-C SDN 259 Griya Bumi Antapani yang masing-masing berjumlah 25 orang. Instrument penelitian menggunakan pretest dan posttest berupa soal essay yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji N-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen yatitu 78,8 dan nilai rata-rata kelas konvensional 62. Hasil pertihungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif sangatlah berpengaruh, terlihat dari hasil uji Ngain yang telah dilakukan yaitu pembagian skor N-gain atau indeks gain yaitu sebesar 0,59 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan tafsiran N-gain mencapai 59,7% termasuk ke dalam kategori peningkatan hasil belajar cukup efektif. Data lain terdilihat dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, nilai uji effect size mencapai 1,34 dan termasuk ke dalam kategori effect sangat tinggi. Dari data yang telah diperoleh tersebut maka model contextual teaching and learning sangat berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar kognitif para peserta didik. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60636 |
Actions (login required)
View Item |